Menambah Tag Pada Blogspot

Tag pada blogspot? Memangnya ada?. Ya itulah, beberapa hal yang menjadi kekurangan blogspot dibandingkan wordpress dan blog yang lain. Blogspot tidak seperti blog lain yang lebih profesional, seperti wordpress yang mempunyai segudang senjata untuk memaksimalkan websitenya, baik berupa plug in atau fasilitas bawaan blog. Tapi sebagai pecinta blogspot, kita harus bisa mengoptimalkan blog ini. Dan berikut akan dijelaskan bagaimana cara menambah tag pada blogspot.

Apa fungsi tag?
Fungsi tag bisa dibilang penting untuk memaksimalkan hasil dari mesin pencari seperti “om google” dan “mbk yahoo”. Tag biasanya digunakan untuk mengikuti hasil penelusuran dari judul postingan atau permalink di search engine. Sekali lagi, dikarenakan blogspot tidak mempunyai fasilitas tag tersebut, maka hal ini yang membuat blogspot kurang bisa bersaing dengan blog lain. Dan blog akhriv ini selalu ada cara untuk mengatasi hal tersebut. Pingin tau caranya...? yang pingin tau acungkan tangan...! ada 3894 orang.


Ok ok ok, caranya yaitu dengan menambahkan script di HTMLnya blgospot. Apa...apaaaa? saya ulangi, dengan menambahkan “script di HTMLnya blogspot”. Apa...apaa? udah ah cape ngetiknya.

Mengapa pake script?
Ya, itu satu-satunya cara. Saya jelaskan, karena blogspot tidak mempunyai fasilitas-fasilitas keren seperti plug in yang bisa di instal dan fasilitas bawaan seperti tag, dll, maka supaya bisa mengalahkan wordpess dan sekutunya ya harus dengan menambahkan script. Terus saya jelaskan lagi, cara kerja search engine itu seperti laba-laba, dia menggerayangi setiap sudut blog, nah blog itu dibuat dengan script, jadi yang digerayangi itu script maka kita harus membuat script tambahan untuk bisa “merayu” search engine supaya menempatkan postingan kita di urutan terbaik. Gitu. Mau dong di “gerayangin”. hehe

Berikut Caranya :
1. masuk ke blogspot anda, kemudian klik design --- edit HTML
2. jangan lupa centang expand widget template, jika perlu backup dulu tuh template, supaya jika salah ga marah-marah, nanti galau lagi.
3. cari kode berikut : (ctrl + F aja supaya cepet)

<title><data:blog.pageTitle/></title>
<data:blog.pageTitle/>

4. ganti kode tersebut dengan script di bawah.


<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<title><data:blog.pageName/> |
<data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>

<data:blog.pageTitle/>

5. terus save deh, kalo ada yang salah di clear adit aja. Ane sih udah coba ga masalah.


Yang perlu diperhatikan ;
Cara kerja tag wordpress dengan blogspot berbeda. Jik di wordpress, kita dapat memenambah tag disetiap postingan, sedangkan di blogspot cara kerja tag-nya yaitu judul blog diikuti deskripsi blog. Walaupun demikian, dengan cara itu sudah bisa melejitkan kemampuan blog kita di mata SE. Tipsnya adalah buat judul sesuai keyword dan buat deskripsi blog yang lengkap berisi tag yang sesuai dengan blog. Ane sudah coba dan hasilnya, mantap.

Ok, selamat menempuh hidup baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar